Tutorial Mengganti Flash Disk dengan Harddisk External Pemutar USB

Tutorial Mengganti Flash Disk dengan Harddisk External 

FreeZone Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar yang komptetitif, para pelaku usaha yang bergerak di bidang penyedia alat elektronik, dalam hal ini perusahaan penyedia alat sound system.
mulai gencar melakukan pemutakhiran device yang mereka pasarkan.
  Beberapa tahun lalu kita hanya mengenal ; Tape Player, Cd Player, Dvd Player, dll. Mulai dari yang Analog, Digital, Bahkan sampai yang Touch Screen. Namun pengembangan sampai pada saat itu masih di anggap kurang. letak kekurangannya yakni : Kapasitas penyimpanan File Audio, Video yang sedikit. Maka dari itu mulailah bermunculan Dvd Player dengan fitur tambahan sebagai USB Player.
  USB Player ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan daftar playlist lagu atau video yang akan mereka dengarkan, dengan memanfaatkan Flash Disk sebagai tempat penyimpanan yang bisa di ganti-ganti isinya.
  Namun lagi-lagi USB flash disk masih di rasa kurang, kapasitas flash disk yang paling banyak di gunakan minimal 8-16 Gigabyte, sedangkan penggunaan flash dis di USB Player ini tidaklah terbatas pada penyimpanan file audio dan video clip yang hanya berukuran 10-50 Megabyte. Saat ini Usb player juga sering di gunakan sebagai pemutar file Film. dengan kualitas standart saja, space yang di butuhkan untuk menyimpan 1 buah film berkisar 700Mb-1.2Gb. Dengan kapasitas flash disk 16Gb pengguna hanya bisa menyimpan sekitar 16 film saja.. hmm.. Drama Korea saja membutuhkan minimal 25 Gb space disk untuk 25 Episode.
  Tapi tenang ada cara yang praktis untuk mendapatkan Disk Space yang lumayan besar. Caranya adalah, Mengganti Flash Disk dengan Harddisk External. Ok langsung saja saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat Hardisk Bisa di gunakan di Usb Player seperti : Usb Player Mobil, Usb Player Di rumah.

Sebelumnya sedikit analisis aja. Mengapa Harddisk External tidak bisa di gunakan pada USB Player.? Simple karena Disk Type Flash Disk (Yang bisa di gunakan pada Usb Player) adalah FAT. Sedangakan Harddisk NTFS.

Ok langsung ke TKP.
Saya asumsikan bahwa pembaca memiliki Harddisk External dengan kapasitas Minimal 80 atau 120 Gigabyte.
Dan sebuah komputer/laptop untuk Manage Disk.

Pertamax.. Colokan Harddisk External pada komputer. sesudah terbaca, tutup autoplay-nya.
setelah itu Klik Start > My Computer > Klik Kanan > Manage (seperti gambar di bawah)

Memutar Film Atau Video Lewat Harddisk External, Mengganti Flash Disk Dengan Harddisk External Untuk Pemutar usb
 Akan terbuka Computer Management. Lihat pada bagian Disk Management lalu klik
Memutar Film Atau Video Lewat Harddisk External, Mengganti Flash Disk Dengan Harddisk External Untuk Pemutar usb
Setelah Disk Management terbuka, ada deretan Disk yang terpasang pada perangkat komputer anda.
Klik pada Drive Harddisk External milik anda lalu Klik kanan > Format > Pada Pilihan File System Pilih Tipe FAT32 atau FAT atau exFAT. Tunggu proses format sampai selesai

Memutar Film Atau Video Lewat Harddisk External, Mengganti Flash Disk Dengan Harddisk External Untuk Pemutar usb

Lalu masukkan file Audio,Video Atau Film yang anda inginkan ke dalam Harddisk External. Tapi harus di sesuaikan untuk file Video harus di sesuaikan dengan  File type yang di  support oleh Player anda.

Oh iya,. untuk Harddisk external yang digunakan pastikan tidak berisi file yang penting atau yang masih di perlukan. karna pada tutorial ini Harddisk external harus di format (semua data yang ada bakalan hilang)

Selamat Mencoba.












2 comments:

  1. Saya punya tf card 500GB dengan format exFAT, agar bisa memutar file movie/video mp4 dimedia pelayer harus pakai format apa ya? FAT,FAT32, atau NTFS.
    Terima kasih.

    ReplyDelete

All