Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis

Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis


memperbaiki baterai yang cepat habis,tidak tahan

FreeZoneMemperbaiki baterai laptop yang cepat habis atau tidak bertahan lama dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni dengan menyimpan baterai di dalam Freezer selama beberapa hari, Mengganti isi baterai laptop dengan baterai isi ulang dan yang paling mudah adalah membeli baterai kw baru,.hehehe.
Beberapa cara di atas memang bisa mengembalikan kemampuan baterai walaupun hanya sekitar 60% dari kemampuan baterai baru original. cara yang paling banyak digunakan adalah, menyimpan baterai di dalam freezer selama beberapa hari. emang sih kalo di baca kayaknya agak ekstreme "baterai di taroh di dalam freezer" pasti ada banyak kekhawatiran di benak pembaca, seperti ; Nggak takut korslet atau Nanti freezernya beracun.
Ok gini saya bakal jawab,. kan naroh di freezer baterainya di bungkus pake plastik pembungkus makanan, kalo beracun pastinya saya udah ngk bisa nulis di blog lagi (sering pake trik ini).
Belum cukup meyakinkan?
Kalo belum, saya akan coba sedikit membahas fakta-fakta penunjang yang dapat menopang akan cara mengembalikan kemampuan baterai ini,. kayaknya fakta-fakta ini emang perlu di paparkan secara singkat, mengingat kata guru saya; kalo mau nulis artikel itu, ngk boleh asal-asalan atau copas, harus ada riset walaupun risetnya asal-asalan aja,. wkwkwkwkwk

Ok sedikit penjelasan.

Baterai laptop adalah jenis baterai Lithium-ion atau Li-Ion adalah baterai yang ramah lingkungan karna tidak mengandung cadmium yang adalah  logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam baterai li-ion ini adalah carbon,oksida lithium, garam lithium dan unsur organik lainnya Selengkapnya. Namun perlu penanganan khusus untuk masalah recycle ridak boleh di buang sembarangan. jadi selama tidak terpapar secara langsung, baterai ini sah-sah saja masuk ke freezer dengan catatan di bungkus dengan plastik makanan.
Sedangkan cara kerja baterai ini ; 
Anoda dan katoda baterai lithium-ion terbuat dari karbon dan oksida lithium.Sedangkan elektrolit terbuat dari garam lithium yang dilarutkan dalam pelarut organik.
Bahan pembuat anoda sebagian besar merupakan grafit sedangkan katoda terbuat dari salah satu bahan berikut: lithium kobalt oksida (LiCoO2), lithium besi fosfat (LiFePO4), atau lithium oksida mangan (LiMn2O4).Elektrolit yang umum digunakan adalah garam lithium seperti lithium hexafluorophosphate (LiPF6), lithium tetrafluoroborate (LiBF4), dan lithium perklorat (LiClO4) yang dilarutkan dalam pelarut organik seperti etilen karbonat, dimetil karbonat, dan dietil karbonat.

Elektrolit yang digunakan bersifat tidak larut dalam air karena lithium (logam alkali yang sangat reaktif) bereaksi dengan air membentuk hidroksida lithium dan gas hidrogen yang tidak diinginkan.Selama pengisian (charging), ion lithium dari katoda berpindah ke anoda dan menetap di lapisan anoda. Pada proses ini, ion lithium mengalir melalui elektrolit.Selama proses pemakaian, ion lithium bergerak kembali ke katoda dari anoda.Setelah baterai dipakai, elektron mengalir berlawanan dengan arah ion lithium di sirkuit luar. Karena terjadinya pergerakan elektron, maka arus listrik bisa dihasilkan. setelah di baca masuk akal juga tuh baterai masuk ke freezer mungkin untuk mengembalikan elektrolit yang mulai habis. kasih minum pocari sweat

Ok untuk tutorial memperbaiki baterai laptop yang cepat habis;
Cabut baterai dari laptop, bungkus pake aluminium foil atau plastik pembungkus makanan, masukan ke freezer, atur suhunya serendah mungkin. 3 hari kemudian keluarkan, di keringkan dengan kain lalu tunggu sekitaran 1 jam dan pasang pada laptop,. finish,. tutorialnya singkat banget om,. artikelnya penuh dengan penjelasan buat meyakinkan pembaca kalau cara ini aman dan membantu.

Sekian..

sumber ; 
  • http://www.amazine.co/23820/cara-kerja-sirkuit-yang-terdapat-pada-baterai-lithium-ion/
  • http://teknikelektronika.com/pengertian-baterai-jenis-jenis-baterai/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Baterai_ion_litium
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kadmium
Sekiranya berkenan untuk share artikel ini.


2 comments:

  1. salam pecinta batu! Artikelnya menarik sekali dan bermanfaat terima kasih

    Koleksi batu cincin
    Batu black opal
    Batu biduri bulan

    ReplyDelete
  2. Dhaa Haryudhaa cara mendapatkan dollar ($) dengan mudah,
    hanya dengan membaca 1 berita kamu akan mendapat $5, dan ada 35 berita yang bisa di baca setiap harinya.
    35 x 5$ = 175$/hari

    jadi, tunggu apa lagi.. segera daftarkan diri kalian.. dengan mengunjungi link di bawah ini.

    http://news-open.com/p307

    ReplyDelete

All