Penjahat Mengintai Melalui Foto Selfie Dengan Smartphone

 Penjahat Mengintai Melalui Foto Selfie Dengan Smartphone

FreeZone - Sobat FreeZone, Pernahkah anda mengungah sebuah Foto Selfie melalui Smartphone anda ke media social dengan Hastag "#AloneAtHome , #TidurSendiri , #SendiriDiRumah" atau Hastag lainya yang memberikan informasi bahwa anda adalah sasaran empuk dari tindakan kriminal..?
Sebaiknya jangan,..!!! karna melalui Hastag tersebut seorang Perampok,Penculik Bahkan Seorang Maniac sedang memata-matai anda. Mungkin anda berkata "Wah artikel ini Hoax, Mana Mungkin Penjahat Tau Rumah Gue cuman lewat photo ama hastag, Profile aja gue hide alamatnya. Yang bener aja...!!" . Bisa,.!! siapa bilang tidak bisa ? Apakah anda tau bahwa setiap photo yang di ambil melalui camera smartphone memiliki fitur Geo Tagging (Pengaturan default) ?

Di artikel ini saya akan membahas bagaimana, "Penjahat Mengintai Melalui Foto Selfie Dengan Smartphone"

Sebelum lebih jauh, saya akan menjelaskan secara rinci apa itu GeoTagging.
Geo Tagging adalah proses menambahkan identifikasi geografis metadata untuk berbagai media seperti photo, video, website, atau RSS feed dan merupakan bentuk metadata geospasial. Data ini biasanya terdiri dari garis lintang dan bujur, meskipun mereka juga dapat mencakup ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data. 
Singkatnya, GeoTagging Berfungsi sebagai penanda lokasi dimana sebuah media seperti Foto dan Video di ambil, dengan data Garis Lintang dan Bujur.

Setelah saya menjelaskan dengan singkat tentang itu geo tagging, apakah anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang bagaimana sebuah proses Tindak Kriminal mengancam anda melalui Hastag dan Foto selfie ?

Dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana sebuah proses pelacakan lokasi melalui hastag dan foto selfie dilakukan oleh penjahat yang mengintai anda.

Disini saya telah melakukan sebuah experiment secara garis besar Melacak melalui Twitter. Maaf tidak bisa secara rinci, takutnya di salah gunakan. 
  1.  Login ke twitter.com   
  2. Saya mencoba Search Hastag dengan keyword #AloneAtHome #Selfie 
  3. Target di temukan. (Yang punya akun menjadi sasaran empuk, karena secara tidak sengaja memberitahukan bahwa dia sendirian di rumah)
  4. Langkah selanjutnya, mencari lokasi rumah atau alamat melalui Foto Selfie yang di upload di Instagram atau Facebook 
  5. Langkah selanjutnya si penjahat akan membuka link tempat dimana foto selfie targetnya di upload. entah itu Instagram  atau Facebook, dll. Foto tersebut akan di download atau di simpan ke dalam perangkat komputer 
 
 

Di atas adalah Properties Foto target yang di download.
Perhatikan detail GPS, Terdapat Keterangan Lattitude dan Longitude
Bingo.!!! Lokasi alamat target di temukan. 
Gimana? Udah percaya kalau Penjahat Mengintai Melalui Foto Selfie Dengan Smartphone bukan artikel hoax?

Kalau Belum, Mari kita lanjutkan..
Dengan bekal Detail GPS diatas ; Lattitude dan Longitude kita akan melacak secara spesifik melalui Google Maps,.
Tapi sebelumnya detail GPS diatas akan di Format ke Coordinat Untuk google maps (Maaf tidak bisa di bahas)
Setelah data GPS di Format ke Coordinat Tinggal dimasukkan ke google maps untuk pelacakan lokasi,.
Walah...!!!! Lokasi target di temukan, plus detail lokasi sekitar,.
Udah jelas?

Nah jangan khawatir, Karna anda bisa menanggulangi hal ini terjadi pada anda. Caranya simple, anda masih bisa kok Publish status dengan hastag #aloneathome dengan foto selfie anda, asalkan Fungsi Geo Tagging di camera smartphone anda di nonaktifkan. Tinggal buka camera, settingan camera trus nonaktifkan semua service yang berhubungan dengan location.
 
Artikel ini saya buat bukan sebagai sebuah tutorial pelacakan lokasi, karna ada beberapa langkah penting yang saya hilangkan demi menghindari penyalahgunaan.

Artikel ini saya buat semata-mata memberikan informasi nyata bagaimana meminimalisir kesempatan tindak kejahatan menimpa kita.

Ingat,. kata bang napi "Kejahatan Terjadi Bukan Hanya Karena Ada Niat Pelaku, Tapi Karna Ada Kesempatan, Waspadalah,.Waspadalah,."


No comments:

Post a Comment

All